Sekedar Ngasih Saran. . .

Jadikan dirimu sesempurna mungkin,meskipun tiada yang sempurna di dunia ini!
Bentuklah duniamu dengan sikap yang mengagumkan...

Sabtu, 16 April 2011

Segitiga Cinta Sternberg



Sahabat bil-science,tak ada habisnya kita membahas hal yang bernama cinta. Meskipun sulit ditebak,namun ternyata cinta itu beragam jenisnya berdasarkan pengelompokkan unsur/komponen pembentuk cinta tersebut oleh seseorang bernama Robert J.Sternberg.

3 unsur/komponen tersebut,yaitu:

1.Nafsu(Passion),perasaan yang didasarkan pada fisik dan seksual,
2.Keintiman(Intimacy),kedekatan yang dirasakan oleh 2orang,dan kekuatan dari ikatan yang menahan mereka bersama,
3.Komitment(Commitment),penilain kognitif(logika dan rasional) atas hubungan dan niat kita untuk mempertahankan hubungan,bahkan ketika hubungan diterpa masalah.

Dari 3 unsur/komponen tersebut,ternyata dapat dibedakan jenis cinta yang dirasakan seseorang tersebut.
Bentuk-bentuk cinta tersebut antara lain :

1. Cinta Tergila-Gila (Infatuation Love).
=> Cinta yang hanya dibangun oleh komponen nafsu saja. Sedangkan keintiman,dan komitmen sangat rendah,bahkan terkadang tidak ada sama sekali. Seperti cinta pandangan pertama,perselingkuhan,atau hubungan tanpa ikatan(Kumpul Kebo atau Cinta Satu Malam)

2. Cinta Romantis (Romantic Love).
=> Cinta yang melibatkan nafsu dan keintiman. Selain didorong hasrat seksual,tapi ada juga keinginan membina hubungan yang dekat dan hangat. Biasanya terjadi pada pasangan yang sedang pacaran.

3. Cinta Sekadar (Just Liking).
=> Cinta yang terdiri dari keintiman saja. Biasanya  ditemukan pada pertemanan sejati atau persahabatan.

4. Cinta Karib (Companionate Love).
=> Cinta yang dibangun atas dasar keintiman dan komitmen saja. Hubungan yang dipenuhi kasih sayang dan kebersamaan. Biasanya terjadi pada pasangan yang telah lama menikah,saat nafsu sudah mulai luntur,bahkan hilang.

5. Cinta Kosong (Empty Love).
=> Cinta yang terdiri hanya dari komitmen saja. Keputusan untuk mencintai seseorang tanpa keintiman dan nafsu. Contohnya,cinta yang bertepuk sebelah tangan atau cinta seorang secret admirer yang hanya bisa memuja sang idola dari jauh tanpa berani berbuat lebih.

6. Cinta Konyol (Fatuous Love).
=> Cinta yang terdapat komponen nafsu dan komitmen didalamnya. Sedikit peluang untuk berkembangnya keintiman dalam hubungan. Misalnya menikah karena karena paksaan atau dadakan.

7. Cinta Sempurna (Consummate Love).
=> Cinta yang dibangun oleh komponen nafsu.komitmen,dan keintiman secara merata. Menurut stenberg,cinta yang lengkap ini mungkin saja terjadi meskipun sulit dicapai.

Ya,itulah tadi 7 bentuk cintak dari Robert J.Sternberg. Jadi kamu-kamu semua merasakan cinta yang mana???

^^ Good Luck