Sekedar Ngasih Saran. . .

Jadikan dirimu sesempurna mungkin,meskipun tiada yang sempurna di dunia ini!
Bentuklah duniamu dengan sikap yang mengagumkan...

Sabtu, 20 Agustus 2011

Abu-Abu Juga Punya Arti



Di Indonesia, masalah yang terjadi sangat begitu kompleks, apalagi dengan miskin mental, bagaimana mungkin diselesaikan dengan cara sederhana.

Bisa saja persoalan di Indonesia di selesaikan secara bertahap, apalagi kualitas pendidikan secara formal di tingkatkan, dan setiap insan selalu mendidik diri secara informal dan non formal. Dengan kata lain, belajar dan selalu membaca untuk mempertahankan kualitas pribadi.

Dalam hidup ini, persoalan tidak bisa di selesaikan hanya dengan melihat hitam dan putih, fakta membuktikan, masih ada warna abu-abu yang dihasilkan dari perpaduan warna hitam dan putih.

Apakah warna abu-abu berarti warna yang salah? Bagaimana dengan warna hijau yang diperoleh dari perpaduan warna merah dan kuning? Atau bagaimana dengan warna ungu yang dihasilkan dari perpaduan warna merah dan biru?

Saya hanya teringat kata-kata Stephen Covey "Berilah umpan, BUKAN berikan ikan!", dalam hidup ini, dibutuhkan kesabaran yang cukup menantang dalam mengatasi persoalan-persoalan hidup.

Untuk itu, jika kita menghendaki penyelesaian suatu persoalan, tahap-tahap berikut yang sebaiknya dilakukan :
1. Dengarkan persoalan yang dihadapi
2. Kumpulkan data-data tentang fakta di lapangan
3. Analisa
4. Buatlah kesimpulan yang tepat dan akurat
5. Bentuklah suatu tim untuk menjalankan program solusi ini dengan menemukan orang yang tepat.
Sahabat bil-science,

Gunakan ketajaman pikiran dalam menganalisa. Tidak semua persoalan dalam hidup ini dapat diselesaikan dengan kekuatan manusia, disini terlihat, kekuatan Yang Maha Kuasa sangat menentukan dalam memberikan solusi dalam segala persoalan hidup. Hindari menjadi pahlawan kesiangan! Gunakan waktu yang ada untuk mengisi hari-hari ini seefektif mungkin.


^^ Good Luck. . .